Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Threads: Instagram Luncurkan Aplikasi Saingan Twitter

Teknubie.com - Kompetitor Twitter buatan Meta, Instagram Threads telah resmi diluncurkan pada Kamis, 6 Juli 2023. Threads adalah sebuah aplikasi berbagi media sosial baru berbasis teks yang dikembangkan oleh Instagram memiliki banyak fitur yang mirip dengan Twitter. Kamu dapat mengakses dari situs desktopnya di Threads.net atau unduh dalam bentuk aplikasi di App Store untuk iOS dan Play Store untuk Android. Media sosial berbasis teks ini tak butuh waktu lama untuk menembus angka jutaan unduhan (download). Hal ini tentu menjadi sorotan publik sehingga banyak yang penasaran dan ingin mencoba aplikasi Threads. Terlebih Meta meluncurkan Threads saat Twitter sedang ramai diperbincangkan perihal penerapan view limit. Penasaran, seperti apa sih Threads aplikasi baru buatan Meta saingan Twitter ini? Simak informasinya, yuk!

Apa itu Threads?

Threads adalah sebuah aplikasi berbagi media sosial yang dikembangkan oleh Meta, yang menaungi Facebook dan Instagram. Aplikasi media sosial ini menawarkan layanan percakapan berbasis teks dimana pengguna bisa membagikan unggahan dalam bentuk teks, kalimat, dan tulisan yang sangat mirip dengan twitter. Threads dibuat khusus untuk membawa hal-hal terbaik dari Instagram dan menghadirkan pengalaman baru yang intim dengan berbagi pembaruan teks, bergabung dalam percakapan publik, serta mendiskusikan berbagai hal yang ada di pikiran para penggunanya. Aplikasi ini dirancang untuk memberikan pengalaman yang intim dan pribadi dalam berkomunikasi, sehingga Kamu dapat tetap terhubung dengan orang-orang penting dalam hidup Kamu.

Threads disebut-sebut sebagai aplikasi saingan Twitter dengan tujuan menciptakan ruang percakapan publik yang terbuka dan ramah. Melalui Threads, Kamu dapat melakukan berbagai hal, seperti mengunggah postingan dalam bentuk teks sebanyak 500 karakter, memberi komentar, meninggalkan likes, mengunggah ulang, dan dapat menyertakan tautan, foto, maupun video berdurasi hingga 5 menit. Berkat dukungan Meta dan basis pengguna Instagram yang besar, aplikasi ini telah berhasil meraih 5 juta pengguna dalam waktu empat jam setelah peluncurannya.

Bagaimana Cara Masuk ke Threads?

Untuk masuk ke Threads, Kamu perlu memiliki akun Instagram terlebih dahulu karena kedua media sosial ini saling terhubung satu sama lain. Saat menggunakan aplikasi ini, Kamu akan diminta untuk memilih akun Instagram yang ingin dihubungkan dengan Threads. Nama pengguna Kamu di Threads akan sama dengan nama pengguna Instagram-mu.

Ketika mengunduh aplikasi ini di ponsel, pastikan Kamu untuk memasukkan kata kunci "Threads by Instagram". Sebab, ada aplikasi lain yang bernama serupa. Selengkapnya, yuk simak cara download Threads di Android dan iOS berikut ini! 

1. Di perangkat Kamu, buka bagian aplikasi Google Play Store atau Apple App Store.

2. Lalu Di kolom pencarian, ketik "Threads by Instagram".

3. Untuk mengunduh aplikasi, ketuk tombol Instal.

4. Tunggu hingga aplikasi terpasang.

5. Jika sudah terpasang, buka aplikasi Threads. Kemudian, klik bagian log-in (di sini nama akun Instagram sudah otomatis terhubung).

6. Selanjutnya, kamu akan diminta untuk mengisi bio, foto profil, ataupun tautan lainnya. Selain itu, Kamu juga bisa memilih tombol "Impor dari Instagram" untuk mengisi data  secara otomatis. Kalau sudah, klik "Lanjut".

7. Di laman "Privasi", Kamu bisa menentukan apakah akun Threads ingin terbuka secara public "Profil Publik" atau privat "Profil Privat". Setelah itu, klik "Lanjut".

8. Setelah itu, kamu akan diberikan kembali pilihan apakah ingin mengikuti akun serupa yang ada di Instagram. Jika ingin mengikuti, tekan "Ikuti Semua". Jika tidak, bisa skip atau pilih satu per satu akun yang ingin diikuti di Threads Instagram, lalu ketuk tanda panah pada pojok kanan-atas. 

9. Terakhir, setelah selesai semua klik tombol "Gabung ke Threads".

Threads merupakan media sosial dan layanan jejaring sosial daring yang dimiliki oleh perusahaan teknologi Amerika, Meta Platforms. Aplikasi ini telah disebut sebagai ‘Pembunuh Twitter’ karena fitur dan fungsinya mirip dengan Twitter. Di Threads, Kamu dapat membuat "utas" atau memposting teks dengan batasan 500 karakter, gambar dan video, menyebut orang lain dengan menggunakan simbol @ di depan nama pengguna mereka, membalas postingan orang lain atau repost (posting ulang) utas mereka, hingga menyukai postingan. Berbeda dengan Twitter, Threads tidak memiliki fungsi perpesanan langsung terpisah dan tidak ada fitur tagar atau topik yang sedang tren.

Gimana, gampang banget kan cara masuk ke Threads Instagram? Mulailah petualangan baru dengan Threads. Rasakan pengalaman berbagi konten yang lebih intim dan pribadi bersama teman-teman terdekat dalam kehidupan digital Kamu. 

Posting Komentar untuk "Threads: Instagram Luncurkan Aplikasi Saingan Twitter"